Kamis, 14 Mei 2009

Tips n Trik Untuk menghasilkan sebuah karya

1. Jangan berpikir kalau menghasilkan karya itu harus seperti karya-karya orang yang sudah terkenal seperti yang kita lihat di buku-buku, Koran, majalah, atau bahkan di televisi. Itu supaya anda jangan melihat terlalu tinggi dulu sehiingga takut/malas untuk mencoba. Belajar kalau sudah ada rasa malas, segan atau takut, pasti akan terasa sangat berat. Pelajaran yang seharusnya mudah menjadi sulit. So, rileksss!!!

2. Bereksperimenlah dengan hal-hal yang sederhana, seperti hal-hal yang sering kita lihat/sering terjadi dalam kehidupan kita atau apapun. Kemudian buatlah sesuatu yang mempunyai arti. Ini akan melatih anda agar lebih kreatif dan berpikir positif.

3. Jangan menghakimi karya yang anda buat jelek atau bagus. Sebab, jika anda begitu, anda tidak akan bisa menjadi diri sendiri karena berusaha membandingkan atau meniru orang lain. Jadi, beri waktu untuk diri anda sendiri supaya berkembang.

4. Minta komentar pada orang-orang sekitar anda. Tapi jangan terpengaruh oleh komentar mereka. Dengarkan saja, kalau bagus ok, kalau jelek pun ok. Ini bukan soal bagus atau tidak, tetapi keberanian anda untuk menunjukkan karya anda kepada orang lain. Dengan begitu, akan terbentuk keyakinan dan kepercayaan diri sehingga anda bisa menjadi diri anda sendiri dan mempunyai gaya unik yang tidak dimiliki oleh orang lain.

5. Banyakmembaca buku, bergaul dengan mereka yang se-hobby dengan anda untuk menambah wawasan, belajar, dan bertanya dari siapa saja karena karya anda bukan untuk dinikmati sendiri. Kalau bisa, sebanyak mungkin orang dari berbagai latar belakang bisa mengerti karya yang anda buat. Ini akan memacu anda untuk lebih semangat dalam berkarya sehingga lama-lama keahlian tersebut akan meningkat.

2 komentar:

  1. yang penting cari dan gali informasi serta banyak baca yang mungkin bisa dijadikan aspirasi

    BalasHapus
  2. @ Prasetyo Nugroho : Ya sob... thanks atas komentnya...

    BalasHapus