Kamis, 14 Mei 2009

Tips n trik mencegah FLU

1. Cuci Tangan : Virus flu bisa disebarkan lewat kontak langsung. Orang yang sedang flu, menutup mulutnya saat bersin dengan tangan, lalu ia memegang telepon, keyboard computer dan lainnya. Kegiatan ini memudahkan penybaran virus ke orang lain. Virus flu juga bisa hidup berjam-jam. Makanya, kalau bersin atau batuk, tutup dengan tissue dan cuci tangan sesering mungkin, supaya bersih.

2. Yoghurt : penelitian menunjukkan, minum satu cangkir yogurt rendah lemak, dapat mengurangi peluang kita terkena flu, hingga 25%. Soalnya, bakteri menguntungkan yang ada di yogurt, bisa menstimulus produksi system kekebalan tubuh terhadap penyakit. Hmmm, yummy and healthy!

3. Sauna : sebuah penelitian tahun 1989 di jerman ditemukan bahwa, orang yang ke sauna dua kali seminggu, kecil kemungkinannya untuk terkena flu, dibanding orang yang nggak ke sauna sama sekali. Teorinya sangat berada di dalam sauna, kita menghirup udara panas yang akan membuat virus flu mati.

4. Olahraga : Olahraga teratur bisa menjaga fungsi kerja jantung. Darah terpompa lebih lancar dan bikin kita bernafas lebih cepat untuk menstransfer oksigen dari paru-paru ke jantung. Oh ya, olahraga juga membantu meningkatkan kekebalan alami tubuh untuk membunuh virus. Ayo semangat.

5. No Smoking : Menurut data statistic nih, perokok berat lebih rentang dan sering mengindap flu. Rokok juga menyebabkan bagian system pernapasan kita menjadi kering, sehingga virus flu dapat masuk dengan mudah. Hmm, gimana masih mau merokok?

6. Rileks : Try to relax … soalnya dengan bersantai sebentar, system kekebalan tubuh bisa kembali aktif. Terbukti relaks akan membantu system kekebalan tubuh dan merespon terhadap virus flu. Coba dech, latihan relaksasi sendiri, dengan membayangkan ketenangan dan hal-hal yang bikin hepi. Lakukan selama 30 menit setiap hari, selama beberapa bulan. Hasilnya, pasti tubuh lebih nyaman…

7. Water, please… : Air berfungsi membersihkan system tubuh dari racun. Disarankan minum 8 gelas air putih sehari. Cara yang mudah untuk mengecek apakah tubuh sudah cukup air adalah dengan memperhatikan warna urine. Kalau bersih, means tubuhmu cukup air. Tapi bila berwarna keruh atau kuning, artinya harus banyak minum lagi, tuh!!..

1 komentar:

  1. eh mb ajarin bikin buat blog dong ...
    nii emailku
    rama_luv@ymail.com

    BalasHapus