Kamis, 14 Mei 2009

Tips n trik Agar computer tidak mudah rusak

1. Kenali Sistem : membuat inventori system computer, karena diperlukan pada saat kita memperbaiki atau menyervis computer. Catat nomor seri dan nomor model serta kenali konfigurasi system secara detail.

2. Buat disket “Boot” darurat : kalau computer mengalami masalah sehingga kamu tak bisa mengakses hard disk, maka gunakan disket boot darurat.

3. Setel “Hard Disk” secara teratur : karena merupkaan tempat penyimpanan aplikasi, dan yang lebih penting, file data yang kamu buat dengan aplikasi tadi, hard disk membutuhkan perhatian khusus agar dapat tetap bekerja optimal. Hapus yang tak di butuhkan lagi, dan meng-update file-file yang ada.

4. Menyimpan dengan perencanaan : menyimpan file dalam hard disk itu memudahkan kita saat “cuci gudang” menyimpan data secara teratur akan mengurangi resiko kamu meng hapus program / data penting. Dan yang lebih penting, Hard drive yang tertata baik lebih mudah dan lebih cepat di-back-up. Buatlah folder bagi tiap program dan isilah hanya dengan data yang sesuai.

5. Buatlah “Back up” data : membuat back up juga berarti mengopi, sehingga jika suatu saat data aslinya rusak atau hilang, kamu masih bisa memakai duplikatnya. Kamu bisa mem-back up hard disk ke dalam disket, flasdisk dll. Back up-lah data ke dalam folder data seminggu sekali dan buatlah secara lengkap enam bulan sekali.

6. Jauhkan virus : serangan virus selalu mengintip setiap saat, terutama bila kamu sering memasukkan flasdisk dan bermain internet. Untuk mencegah menularnya virus, gunakan antivirus. Lakukan pemerikasaan virus sesering mungkin guna mencegah meluasnya infeksi.

7. Jangan ubah program : sekali kamu memasukkan satu program ke dalam system windows, jangan ubah nama (rename) direktori programnya atau memindahkannya file-nya ke tempat lain. Kalau tidak, computer kamu akan kehilangan jejak untuk menelusurinya. Kamu dapat menempatkan data yang kamu buat dengan aplikasi di mana saja.

8. Jaga kebersihan computer : Debu dapat merusak komponen di dalam computer. Bersihakn selalu computer setiap saat. Bila perlu gunakantutup pelindung bila tidak digunakan.

9. Matikan computer sesuai prosedur : lakukanlah sesuai prosedur yang berlaku untuk menghindarkan computer dari konflik listrik.

2 komentar:

  1. Thanks for the info. Hmmm, ada tips untuk menjaga kualitas hard disk supaya lebih tahan lama?

    Lex dePraxis
    Romantic Renaissance

    BalasHapus
  2. boleh juga tips nya... liat ah....

    btw thanks banget dah mampir ke blog aq...

    BalasHapus